Flowering my world · just my feeling

BONTANG (LAGI)

“Assalamu’alaikum, iya mbak.. saya wahyu.. Hah.. apa mbak jam 13.00 WIB check in nya? “ seruku tertahan  sambil melirik jam tanganku yang menunjukkan pukul 11.00 WIB . “Iya mbak, coba nanti saya telpon direktur saya dulu,  kalau diijinkan InsyaAllah saya berangkat”.  Telpon tiba-tiba dari nomer tak dikenal itu kuangkat ( biasanya aku paling muales mengangkat telpon dari nomer asing yang masuk ke Hpku.. ). Mengabarkan, kalau aku diminta mengisi pendampingan pasca training di Bontang kaltim selama empat hari dan pesawat take off jam 14.oo WIB, itu berarti aku harus check in ke Bandara pukul 13.00 WIB. sedikit agak ragu, aku telpon Pak Direktur untuk memohon ijinnya. “Kok lama ya yu? empat hari? kok ndadak ya? tidak ada acara di sekolah yang penting?” tanya pak Direktur sedikit berat ” Iya Ustad empat hari, tp InsyaAllah kamis saya sudah ngantor, semua urusan sekolahan sudah saya siapkan” jawabku hati-hati,  “Kok lama ya yu? acara siapa? Diknas? ”  tanya pak direkturku kembali “Hhmm.. bukan ustad, saya yg kasih training, acara KPI ustad, pelatihan pendampingan guru-guru TK” sahutku lebih hati-hati lagi kali ini.  “Iya sudah saya ijinkan .. empat hari? lama ya..” sahut pak Direkturku kembali ” Terima kasih Ustad, rabu malam InsyaAllah saya sudah sampai Surabaya, kamis pagi langsung ngantor, saya nanti juga koordinasi dengan waka-waka saya ustd” seruku dengan suara hati-hati hati-hati, meski sebenarnya riang dalam  hati.. Hmmm… perjalanan ke Bontang untuk kedua kalinya.. bersama sahabat-sahabat lama pula..😀 .  Alhamdulillaah..  ijin dari pak Direkturpun kudapat meski beliau terasa berat karena harus empat hari aku off dari sekolah.  Walhasil, sabtu yang saat itu lumayan padat jadwal agenda yang harus dilakukan – menghadiri undangan kepala TK Raudlatul Jannah, menghadiri acara SD audlatul Jannah sekaligus ngawal ‘artis-artis’ sekolahku untuk tampil,  segera koordinasi singkat dengan para waka yang akan jadi penggantiku selama aku tinggal, aku  pamiti, meski rada kaget karena mendadak sekali, mereka menyanggupi dengan mantap ketika aku titip-titip sekolah dan anak-anak ( hmm.. memang waka-waka sekaligus sahabat-sahabat yang baik yang  bisa diandalkan..😀 ).

Akhirnya, Bismillaah.. dengan rencana yang mendadak, aku menyiapkan semua peralatan menginap empat hari dalam waktu satu jam (karena aku di sekolah sampai jam 12.00 WIB), mana lupa lagi kombinasi kunci kopernya.. ha..ha..ha.. di waktu yang sempit mengingat-ngingat kombinasi koper plus harus telpon sana-sini… wuiihh.. exciting abis.. ^_^.  Telpon sopir untuk nganter ternyata ndak nyambung-nyambung, maka tumpuan harapanku adalah kakakku , dan Alhamdulillah beliau bisa meski harus ijin dari kantornya. “Aku antar pake’ motor aja ya dek, katanya di telpon”..”Loh mas, bawaannya banyak, satu koper tanggung dan satu ransel super penuh plus tas kecil yang setia nemplok di pundakku, bisa tha bawanya? Apa ndak pake’ mobil aja? ” jawabku  “Ndak usah.. waktunya sudah mepet.. “sahut kakakku luga “Oke deh.. kalau mas wan sanggup, ayuk oke aja” seruku ringan.. dan waktu menunjukkan kurang 15 menit lagi  pukul 13.00 WIB, tepat saat kakakku nyampai rumah,  dengan lumayan ‘maksa’ koper ukuran sedang itupun diletakkan di motor mio kakakku bagian depan.. dan ’bolak-balik’ klaksonnya ke pencet.. ha.. ha.. ha.. bener-bener deh..😀

Alhamdulillaah.. sampai tepat waktu, setelah salim mas wan, aku langsung menghambur ke arah pintu masuk bandara ( semoga belum telat seruku dalam hati ), mas wan menungguku sampai bertemu temanku dan masuk ke bandara, mencheckku lewat telpon dan memastikan aku baik-baik saja, beliaupun lalu pulang. Ternyata, ada satu temanku yang belum datang karena terjebak kemacetan. Alhasil.. kami berempatpun yang kesemuanya perempuan ini, merupakan penumpang terakhir yang berlari-lari untuk naik pesawat menuju Bontang..  Bismillaahh.. take off ya Rabb..

Ini, untuk kedua kalinya aku ke kalimantan timur memberi pelatihan,  pertama kali dulu tahun 2005 aku ke Bontang, dari balikpapan transit menggunakan pesawat kecil ( yang rasa-rasanya mau jatuh aja) menuju ke Bontang.. he.. he..

Saat di atas peswat “Yuk.. nanti kita ndak naek pesawat dari Balikpapan ke Bontangnya, kita perjalanan darat, enam jam” kata temenku di telingaku “Hah,, ndak naik pesawat? Perjalanan darat? Enam jam? “ “He eh… makanya aku beritahu sekarang biar kamu ndak kaget” dengan kondisi badan ‘lelah’ lumayan kaget juga aku denger berita itu.. Bismillaah.. ya Rabb.. “Ehhmmm… iya deh… dijalani aja” seruku tertahan.

Daaann… enam jam perjalanan bukanlah perjalanan darat di jalan yang lurus.. tetapi jalan naik turun yang berkelok-kelok… alhasil.. seperti naik roler coaster yang ndak berhenti-henti selama enam jam, badan rasanya naik-turun, wajahkupun mungkin sudah merah-putih-biru mirip bendera belanda, dan diujung malam itu ( 23.00 WIB), keluar semualah isi perutku.. sup buntut hangat dan tahu sumedang yang kumakan ikut berhambur keluar ndak kuat bertahan lama di kocok-kocok dalam perutku… ha..ha..ha.. Benar-benar roller coaster terpanjang yang pernah aku naikki… ^_^

Alhamdulillaah, pukul 24.15 WIB, kami sampai di hotel, petugasnyapun terkantuk-kantuk menerima kami berempat, empat perempuan lencu yang sudah tak bertenaga.. satu bau muntahan dimana-mana..  dan kabar baiknya.. besok pagi-pagi, kami sudah mulai pelatihan.. waaahhhh… what a wonderfull world (padahal belum sm sekali belajar materi pelatihan).  Mandi-nyuci baju yang terkena tumpahan ‘isi perutku’  dan sholat menjadi agenda utamaku, balas semua sms yang masuk meski saat itu waktu menunjukkan pukul 02.00 WIB dini hari (beda waktu satu jam antara Bontang dan Sidoarjo)- diperjalanan ndak berani balas sms, karena pusing akan semakin hebat-. Setelah itu tidur,  materi training besok pagi setelah subuh dipikiri.. diskusi sama teman-teman yg lain.. baca do’a sblm tidur dan memohon besok pagi sudah bugar.. . Hmm harus mentraining guru TK yang nota bene sudah empat tahun tidak menyentuh kurikulum TK secara detail, tapi Bismillah dengan mengais –ngais memori di otak dan diskusi dengan teman-teman akan sangat membantu.. hiburku dalam hati.. Tidur nyenyak sampai subuh pagi menjelang..😀

Tugasku, mendampingi dua sekolah ( TK Cendrawasih dan TK Kartika) dalam waktu empat hari, dan  Alhamdulillah lancar dan baik-baik saja, tidak kentara kalau sudah lama tidak “ubek-ubek” kurikulum TK. Hari terakhir di TK Cendrawasih, di wawancarai oleh wartawan Bontang Post ( walaah.. masuk koran pula) . sahabat-sahabat barupun memberi kenang-kenangan yang bisa dibawa ke sidoarjo, kerupuk ikan, kain baju, dan  sarung khas kalimantan… Alhamdulillaah.. Terima kasih banyak sahabat..  Thanks  a lot ya.. (rencananya mau diberi minum air sungai mahakam.. biar balik lagi katanya.. hahaha.. ).

Seafood, menjadi satu menu sepanjang makan malam kami, bahkan temanku memesan kepiting yang buesarnya baru aku lihat sekarang (sayang tidak sempat aku foto) ,  udangnyapun satu aja ndak abis..  satu ekor harganya 5orb, udang terbesar dan termahal yang pernah aku makan..😀 > malam berikutnya aku mencoba ikan yang belum pernah aku makan ikan ‘Drakula’ eh bukan ding ‘Tarakulu” ndak tahu deh.. lupa..😀

Perjalanan pulangpun menjelang, dengan bawaan dua kali lipat dari bawaan semula ( bisa dibayangin repot bawanya), dan tentu saja berdasarkan pengalaman keberangkatan, akupun membeli antimo – obat anti mabok (ya Rabb..  seumur-umur.. sudah 25 tahun yang lalu aku tidak pernah menyentuh benda ini). Antimopun  membuat aku  tertidur sejak naik mobil dalam perjalanan Bontang menuju balikpapan, roaler coasterpun terasa lembut dalam mimpiku.. hihihi..

Alhamdulillah.. sampai Bandara.., teman-temanku bertiga (yang tidak minum antimo) ganti mukanya yang pada mirip bendera belanda merah-putih-biru-.. hahaha.. “Aduuhh.. perutku rasanya munek-munek” seru temenku nyesel ndak menerima uluran antimo dariku… ^_^ . Tidak ada delay yang berarti.. sampai Bandara Juanda surabayapun Alhamdulillah tepat waktu 21.00 WIB.  Hmmm… benar-benar perjalanan yang menyenangkan.. Bisa jalan-jalan Gratis, berbagi ilmu, dapat temen baru  dan dibayar pula.. Subhanallaah.. Alhamdulillaah, nikmat Tuhanmu yang mana yang engkau dustakan yu.. ^_^..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s