Flowering my world · just my feeling · Open Mind

kErEs /KeRsEn dan kisahnYa..

Pagi ini berangkat ke kantor seperti biasa. Sudah hampir dua minggu tubuhku rasanya tidak begitu semangat untuk diajak beraktivitas yang terlalu berat.  Meski kepala agak  nggeliyeng (jawa-pen) dan badan rasanya seperti lampu petromak  greges dan agak ‘mendrip-mendrip‘ (jawa-pen), tetap saja, aku ajak dengan lembuut , agak ‘ngoyo’ (jawa-pen) tubuh dan kepalaku untuk beraktivitas dan berfikir yang lumayan berat (karena kerjaan yang harus diselesaikan buanyaak).

Dalam perjalan menuju kantor, aku sempatkan untuk mampir beli minuman herbal buat tubuhku.. semoga agak baikkan gumamku.. (aku memang ndak begitu suka obat kimia).

Sampai di lokasi kantor, kakiku melangkah ke arah dua pohon keres (bahasa kerennya kersen.. ^_^) yang tumbuh liar beberapa meter dari gedung kantorku, ndak tahu, otak dan hatiku mengarahkan langkah kakiku kesana, hmm… mungkin kenangan masa lalu yang tersimpan di otak bawah sadarku yang menginginkan kakiku melangkah ke arah dua pohon keres yang besar-besar itu.. Ahh.. nostalgia masa kecil senyumku. Maka langkah kakikupun semakin terarah menuju pohon kersen, Wah.. buahnya merah-merah.. bahkan banyak yang berjatuhan di bawah (emaaann-jawa pen)..  seruku tertahan dalam hati. Dengan tidak mengindahkan apa pandangan orang tentangku.. kupanen aja buah keres yang merah-merah yang bagiku amat sangat menggoda. Pikirkupun melayang, bagian masa kecil yang indah.. aku bisa nangkring seharian di pohon keres depan rumah untuk buah kecil-kecil merah itu.

Salah seorang staffku terheran-heran mendapatiku yang masih berjacket dengan ransel di pundak, menampakan wajah senang ketika memetik buah-buah keres yang sangat banyak bergelantungan dipohon.. “Sedang apa bu?” tanyanya dengan wajah keheranan memandang ke arahku yang masih asyik memainkan tanganku dengan lincah untuk memetik buah-buah mungil itu. “Panen keres pak.., mau?” sahutku santai menjawab pertanyaannya.. “Ah.. ndak bu.. makasih.., saya mau ijin keluar beli sarapan dulu bu.. sebentar..” sahutnya sopan  “Ehmm.. okey..” sahutku masih sibuk dengan keasyikkanku.

Memang benar.. ( apanya?? mulai deh refleksinya…) terkadang hal-hal sederhana begitu membahagiakan ya.. selama kita bisa memaknainya.. pikirku sambil tersenyum senang memandang panenan buah keresku yang buanyaak..😀 Alhamdulillaah..

Setelah mendapat banyak buah keres yang merah-merah, aku jadi penasaran.. sebenarnya apa kandungan dalam buah keres ini, kenapa dia begitu mudah tumbuh ditempat-tempat yang belum dimanfaatkan. Aku berfikir lagi, bukankah Allah SWT tidak pernah sia-sia menciptakan segala sesuatu? maka seperti yang sudah-sudah bertanyalah aku pada Paklek Google yg serba tahu informasi, daaan inilah  jawaban yang kuterima. Cekidot yaaa…

Kersen, Keres  atau talok adalah nama sejenis pohon dan buahnya yang kecil dan manis. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untuk buah bernama ceri yang lain, lihat pada: ceri). Di Lumajang, anak-anak menyebutnya baleci. Sedangkan dibeberapa negara adalah: datilesaratilesmanzanitas (Filipina), mât sâm (Vietnam); khoomsômztakhôb (Laos);  takhop farang (Thailand); krâkhôb barang(Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia). Juga dikenal sebagai capulin blancocacaniquaniguaniguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherryPanama berrySingapore cherry (Inggris) dan nama yang tidak tepat, Japanse kers(Belanda), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia.

Sedangkan nama ilmiahnya adalah Muntingia calabura L.

Waaah.. ternyata saudara-saudara, buah yang berbentuk kecil dan manis ini sudah go internasional  alias tersebar dibanyak negara… ^_^

Buah kecil merah ini, banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain:

1. Air (77,8 gram),   2. Protein (0,384 gram),  3.  Lemak (1,56 Gram),   4. Karbohidrat (17,9 gram),   5. Serat (4,6 gram),  6.  Abu (1,14 gram),  7.  Kalsium (124,6 mg),  8. Fosfor (84mg), 9.  Besi (1,18 mg),10. Karoten (0,019g), 11.  Tianin (0,065g), 12. Ribofalin (0,037g), 13.  Niacin (0,554 g) dan 14.  kandungan Vitamin C (80,5 mg).  Nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Banyak juga ternyata kandungan zat yang bermanfaat ya… ada 14.

Sedangkan manfaat buah keres dan daunnya, bisa dipergunakan untuk pengobatan beberapa penyakit :

1.Anti Septik– Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2. Anti Inflamasi – Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3. Anti Tumor – Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. Anti uric acid (ASAM URAT)
Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

5. Antidiabetes – 50 – 100 g daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 g diseduh dalam 200 ml air.

6.  Jus buah keres yang mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi tubuh, terutama berguna untuk para Atlet dan pekerja keras, karena keres bisa mencegah cedera otot saat berktivitas.

Subhanallaah.. ternyata buanyak banget ya manfaat buah kecil mungil ini. Gratis dan bisa didapat dibanyak tempat… hmmm….

10. Dan bumi telah dibentangkanNya untuk makhlukNya.

11. Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.

12. Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.

13. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

(terjemah Al Qur’an surat Ar Rahman (55) : 10-13)

So.. ndak perlu takut n ragu kalau bertemu dengan buah keres.. dimakan aja ya.. ^_^ (kalau ada pemiliknya tentu saja harus ijin terlebih dahulu..😀 selamat berburu buah kereeessss…. : P

Written by wahyu rakhmawiyatie

Sumber:

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1981197-manfaat-buah-keres/#ixzz1c45mWwc2

http://id.wikipedia.org/wiki/Kersen

http://www.suaramedia.com/gaya-hidup/makanan/35511-kersen-tanaman-liar-ampuh-atasi-berbagai-penyakit-dalam.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s