Great Wife · Great Wife, Mom, Parent and teacher · Open Mind

… mengasah ilmu pengasuhan bersama Bunda Kurnia…

22 Oktober 2011

Ini untuk kedua kalinya, Bunda Kurnia hadir di sekolahku.  bisa nangis tersedu-sedu dengan cara beliau menghadirkan sosok Rasulullah dalam kepiawaiannya bercerita.  Kali ini, beliau berbagi ilmu kepengasuhan pada kami.

Setelah sesi Ustadz Suhadi Fadjaray yang menginspirasi kami untuk terustak kenal lelah mencari ilmu tentang pengasuhan, dilanjutkan oleh Bunda Kurnia, yang datang jauh-jauh dari Jakarta.

Bunda Kurnia mengawali berbagi ilmu dengan mengatakan bahwa sesungguhnya kehidupan berumah tangga diawali dari pemilihan pasangan. Tapi kalau sudah terlanjur ya sudah ndak papa, yang sudah terlanjur ini yang harus dijadikan baik.. ^_^

Ada beberapa hal yang sempat kucatat meski tidak penuh, semoga bisa bermanfaat bagi yang membaca ya..

1. Melibatkan Allah sebagai pemilik cinta

Melibatkan Allah dalam setiap perjalanan cinta kita termasuk membangun keluarga. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menghidupkan cinta Allah dalam rumah tangga / keluarga kita.

a. Dirikan masjid dan maktab dalam rumah kita. Masjid/maktab yang dipenuhi berbagi buku yang yang menampung banyak ratusan ilmu difungsikan sebagai cahaya keluarga, tempat berkumpul, tempat mengkaji bersama, tempat anggota keluarga menyatukan hati mereka setelah penatnya bekerja atau beraktivitas seharian secara terpisah.

b. Perbaiki Sholat. Ini menjadi satu hal yang harus dilakukan agar cinta Allah senantiasa terjaga di hati setiap anggota keluarga. Sehingga masalah-masalah berat yang datang tidak akan meruntuhkan karena cinta Allah senantiasa terbangun dalam sholat-sholat yang didirikan.

c. Simak Dialog dengan Allah, maka orang disekitarmu akan menyimakmu. Saat penjelasan ini disampaikan, saya keluar ruangan sehingga saya tidak menangkap penuh penjelasan beliau. Hanya saja kita perlu menyimak hal-hal yang dikhabarkan Allah baik melalui RasulNya maupun dari kejadian-kejadian yang ada disekitar kita. bahwa tidak ada yang serba kebetulan.

2. Komunikasi cinta yang harmonis dalam keluarga.  komunikasi menjadi satu alat pengokoh keharmonisan dalam keluarga. Kenali masing-masing cara berfikir pasangan kita.

Ini yang sempat saya catat :

Bagi para istri kenali otak laki laki yang cenderung pada -melihat,-fokus,-tegas dan jelas

Bagi para laki-laki kenali otak perempuan yang suka berbicara, suka disentuh, multi talenta dan terbiasa menggunakan bahasa isyarat.

Ada satu tip yang diberikan oleh Bunda Kurnia untuk meredakan pasangan masing-masing (ketika dalam keadaan marah) yaitu Put Your Head in My Left Shoulder. Karena ketika ini dilakukan ketika sedang marah, memori -memori indah akan terkenang kembali dengan mendengar detak jantung pasangan kita .

Hanya sekelumit materi yang saya catat saat Talk show dengan Bunda Kurnia, semoga yang sekelumit ini bisa bermanfaat ya.. Aamiin. (wahyu r)

2 thoughts on “… mengasah ilmu pengasuhan bersama Bunda Kurnia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s