Book that 'wahyu' recomended

resensi negeri 5 menara

Judul buku          : Negeri 5 Menara

Pengarang          : A. Fuadi

Jumlah halaman : 421 halaman

Penerbit              : P.T. Gramedia Utama Pustaka Jakarta

‘Negeri 5 menara’, novel yang ditulis oleh A. Fuadi ini  menggunakan alur eklektik (campuran). Di awali dengan setting saat tokoh utama menikmati hari terakhirnya di kantor yang terletak di independence avenue, USA disambung dengan flashback masuk dalam kehidupan tokoh utama di masa kecil dan disaat akan melanjutkan pendidikannya.

Cerita yang sebagian besar mengambil setting kehidupan pesantren ini begitu memikat.  Pemilihan diksi yang sederhana tetapi sangat cerdas, mampu menelusup ke dalam alur berfikir dan hati pembacanya. Hanyut dalam segala pernik cerita kisah yang seakan menyedot kita masuk ke dalam tokoh utama atau figur-figur tokoh lainnya.

Penokohan dalam bahasa yang membumi tidak mengurangi kekuatan penokohan itu sendiri. Pembaca diajak untuk bisa merasakan konflik batin yang dialami alif (tokoh utamanya), merasakan betapa hebat dan ikhlasnya guru-guru alif  bahkan kecamuk  keinginan kuat sang ibu yang menginginkan putranya berguna bagi bangsa ini.

Buku ini wajib dibaca oleh anak muda yang sedang mengejar mimpi dan cita-citanya. Mereka dapat  belajar dari tokoh alif dan kawan-kawannya di pondok madani. Bagaimana belajar dengan bersungguh-sungguh, bagaimana menggapai prestasi disetiap kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Buku inipun layak dibaca juga oleh seorang ibu, bercermin dari sosok ibu alif yang tegas, ikhlas dan mempunyai visi ke depan bagi putranya.  Buku ini juga layak dibaca oleh seorang ayah dan buku ini amat disarankan dibaca oleh para pimpinan & guru, belajar dari penokohan pimpinan pondok dan guru-guru yang ikhlas dan berilmu tinggi dalam novel ini.

Membaca novel ini, seperti terkena sengatan motivasi yang luar biasa. Mulai dari ‘going the extra miles’.. ‘man jadda wa jadda’.. dan banyak lagi kalimat dan cerita inspiratif  yang bisa kita temui di novel  ini. Saat membaca novel ini ada dua pilihan yang ada dibenakku, membacanya segera sampai habis atau lamat-lamat untuk meresapi setiap kata yang tertulis dalam novel.

Membaca novel ini, membuat kita berani  atau kembali berani membentangkan mimpi-mimpi besar dan berusaha mewujudkannya. Dan kalimat sakti ‘Man jadda wajada’ (siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil) merupakan inti semua peristiwa yang dilakonkan alif yang coba dituangkan penulis dalam novel negeri 5 menara yang inspiratif ini.

Novel ini wajib dibaca, bagi siapa saja yang ingin terinspirasi dan termotivasi untuk bersungguh-sungguh menggapai cita-citanya. (wahyu r)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s