Great Mom, Parent and teacher

Robot matematika..

by wahyu rakhmawiyatie

Seringkali kita dibuat amazing dengan anak-anak. Mereka berfikir dengan menggunakan imajinasinya.
Tulisan saya kali ini bisa jadi mewakili rasa kagum saya pada mereka.

Saya lupa kapan tepatnya dialog ini terjadi, suatu ketika ada orang tua yang datang ke saya dan mengeluh tentang anaknya yang lebih suka menggambar daripada belajar. Saat itu si anak masih djenjang SD kelas 1. Ketika saya melihat sendiri anak tersebut di kelas, ternyata Subhanallah.. gambar yang dibuatnya sangat detail dan bagus untuk anak kelas 1 SD. Waktu itu si anak menggambar satu kejadian dengan robot yag dibuat sangat detail sesuai dengan imajinasinya.

Hari ini, saya supervisi guru di kelas IV. Saat supervisi, saya tertarik dengan dua orang anak yang asyik bercakap-cakap sambil mencoretkan sesuatu di halaman belakang handoutnya(pen: buku kerja anak-anak). Lantas saya tanya mereka berdua “Gambar apa?” tanya saya “Gambar robot” jawab mereka.. dan saya baca ada tulisan Robot Matematika disamping gambar robot yang mereka buat. “Kenapa kalian sebut robot matematika” tanyak saya kembali “soalnya robotnya terbuat dari simbol-simbol matematika” jawab mereka.

Ternyata mereka membuat robot dengan menggunakan simbol matematika yang sudah mereka pelajari. sederhana memang, tapi setidaknya ini bisa menginspirasi kita sebagai guru dan orang tua.. sebenarnya mereka bukannya tidak suka belajar tetapi terkadang cara pendekatan dalam kita menyampaikan materi yang mereka tidak suka.

Anak-anak akan sangat menyukai materi pelajaran apapun selama itu masuk dalam dunia mereka ( dunia aktif, dunia bermain, dunia berimajinasi dan dunia kegiatan-kegiatan yang menyenangkan).

Selamat berimajinasi dan berkreasi… memberikan yg terbaik untuk anak-anak kita.


2 thoughts on “Robot matematika..

Tinggalkan Balasan

