Great Mom, Parent and teacher

anak-anak penata sandal…

by wahyu rakhmawiyatie

Sudah menjadi budaya di sekolah kami, ketika anak-anak maupun guru / karyawan mau masuk masjid, maka wajib meletakkan sandal / sepatunya menghadap keluar. Dan sebagian besar sudah melakukannya.. tetapi terkadang ada beberapa sandal / sepatu yang perlu dirapikan. Dan siapakah yang merapikan sandal atau sepatu ini? Tak lain dan tak bukan adalah anak-anak yang bertugas untuk memastikan bahwa sandal tertata dalam keadaan rapi.

Dengan tangan mungil mereka, secara cekatan mereka merapikan sandal / sepatu yang kurang rapi. Tampak sebel, sedih atau bersungut-sungutkah wajah mereka? hmmm.. sama sekali tidak! Mereka dengan senang hati melakukannya, dan yang hebatnya lagi.. mereka bukan anak-anak yang dari sisi ekonomi biasa-biasa saja. Mereka anak-anak dari keluarga dengan ekonomi menengah keatas.

Bayangkan! betapa hebatnya mereka.. dengan kerendahan hati dan ketulusan mereka melakukan itu, berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab mereka.

Mungkin… kita dengan kacamata orang dewasa melihat bahwa menata sandal menjadi satu hal kecil yg sangat remeh dalam pembelajaran bahkan tidak terhitung atau lebih parahnya ada rasa gengsi melakukan itu.. tapi coba kita lihat dan telaah lebih jauh nilai pelajarannya disana..

dengan menata sandal yang bukan milik kita sendiri.. mengajarkan anak untuk bersikap rendah hati, perduli pada lingkungan sekitar, serta menumbuhkan sikap dan rasa tanggung jawab. Dan setahu saya, para penata sandal itu adalah anak-anak yang berprestasi secara akademik di kelasnya..

Tugas-tugas yang kelihatannya remeh tersebut dapat mengasah soft skill mereka.. dan sudah menjadi pemahaman umum bahwa ketika berkecimpung dalam kehidupan, soft skill menjadi tolok ukur sukses tidaknya seseorang diterima di masyarakat. Anak-ank kita akan tumbuh dewasa, dan suatu saat mereka harus di lepas.. dengan bekal soft skill yang memadai, harapannya dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam kehidupan ini.

Tetap semangat anak-anakku.. kalian anak-anak yang Hebat!
Dan untuk para orang tua / guru, ayo kita asah soft skill anak-anak kita..😀

*Tulisan ini didedikasikan untuk anak-anak penata sandal dan anak-anak yang dengan semangat melakukan tugas-tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s